Rabu, 23 September 2015

Gw dan psikologi

Hai gw Hanna safira. Sekarang gw lagi kuliah dijurusan psikologi strata 1/ S1 seneng banget, kenapa? Soalnya gw itu udah kepengen jadi psikolog dari smp kelas 2 apa 3 gitu ya lupa gw juga. Awalnya sih gw niatnya mau jd dokter tapi gimana ya kalo dokter bisa bersifat universal juga kan ya, kalo psikolog lebih ke jiwa, sifat, perilaku. Bisa sih jadi dokter psikiater yang nanganin dirumah sakit jiwa tapi kalo itu tugasnya lebih ke anak ipa dan ke kedokteran lagi. Kalo gw lebih ke psikologi umum. Gw sih awalnya suka itu dari umur sekitar 14tahunan gw awalnya sering nonton berita yang isinya ada masalah sama 'jiwa anak' dan disitu ada ka seto whattt tau kan kak seto itu siapa? Gw tuh suka banget sama dia. Yaa dia itu sosok yang berkpribadian bagus menurut gw dr tata cara dia ngomong dan ngejelasin tentang 
pandangan dia terhadap seorang anak gw suka bgt cara penyampaian pendapat dia cara dia ngomong pokonya suka deh. Selain ka seto ada psikolog lain yaa yg sering gw liat di tv pas lagi mengemukakan pandangannya, mungkin namanya ga gw hafal ya soalnya jarang bgt muncul di tv dulu waktu jaman smp kan ka seto masih menjabat sebagai komnas perlindungan anak jadi sering muncul di tv tapi kalo skrg kan jarang muncul di tv. Tapi psikolog yg lain gw juga suka sih. Gw seneng banget sama jurusan ini, pokoknya suka banget deh, soalnya gw sering ketemu sama banyak orang yang deket sama gw dan yang ga deket sama gw, bahkan yang ga kenal atau sepintas ketemu dijalan. Gw seneng jadi tempat cerita seseorang, tapi gw juga punya batasan dalam menjadi pendengar yang baik karena dari sekian banyak nya yang curhat kadang mereka curhat panjang-lebar tanpa ngasih waktu gw bicara, menurut gw kalo emg lo pengen curhat curhat dan ungkapkan lah isi hati lo sama gw/orang lain tapi lebih kepada inti lah kasihlah waktu untuk gw/pendengar lo itu waktu bicara karena menjadi pendengar yang baik itu punya hak bicara ketika menjadi pendengar buat seseorang. 
Ngomong ngomong soal psikolog gw lebih pengen jadi konsultan/psikolog perkembangan anak/ psikolog anak (bukan psikolog anak khusus ya) pokoknya gw pengen jadi itu, kenapa soalnya gw lebih pengen berhubungan dan ketemu sama seorang remaja yaa meskipun sekarang gw masih menjadi remaja yaa karena gw udah ngalamin rasanya jadi remaja. Gw berpandangan banyak nya remaja gagal menjadi 'orang' itu letaknya waktu menjadi remaja kenapa? Karena remaja itu masa masa nya transisi mereka mau menjadi anak didik yang gagal/ maju. Terus gw juga mau mengemukakan pandangan gw yang lebih penting tentang remaja yang suka pacaran "dulu" sih emang gw pernah pacaran "pernah" bukan "suka" ya itu beda karena belajar dari pengalaman sih jadi gw kepengen aja menurut gw ada sistem yang salah dalam perkembangan masa tumbuh remaja kalo dalam urutan mereka, mereka harus banget pacaran, lambat laun pacaran itu menjadi satu kebutuhan pokok dan gw ga suka kalo seorang remaja haus akan pacaran, haus dan tergila-gila sampe mereka terjerumus dalam suatu hal yang negativ memang ngga selamanya mereka berpendapat bahwa pacaran itu salah tapi setan selalu ada dimana mana dan hal yang kita bicarakan tidak mungkin semua bisa terjadi. Harus ada sistem yang dirubah dari perkembangan remaja supaya ga banyak perzinahan dimana-mana. Yaa itu isi pendapat dan alasan gw kenapa gw suka dan memilih jurusan psikologi gw berharap dunia psikologi itu bukan sesuatu yang dianggap 'tidak waras' tapi kita mewaraskan hal yang dianggap benar padahal itu salah. 

Salam 
#satupsikologi 
Gunadarma University



Tidak ada komentar:

Posting Komentar